Harga Besi Beton Beserta Keunggulannya

Besi Beton

Harga Besi Beton yang tinggi sebanding dengan kualitasnya. Keberadaannya pasti sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai macam kebutuhan konstruksi. Di sebuah pembangunan, besi beton sering dijadikan sebagai tulangan yang memperkuat konstruksi. Anda juga bisa menggunakan besi beton untuk berbagai kebutuhan. Namun, sebelum menggunakan besi beton sebaiknya Anda perlu untuk mengetahui keunggulan, dan ciri besi beton berkualitas, hingga harga besi beton terbaru sehingga Anda bisa mempersiapkan semuanya dengan matang.

Ciri besi beton berkualitas

Besi beton terdiri dari dua macam jenis. Besi beton polos dan besi beton ulir, keduanya sering digunakan untuk beberapa kebutuhan konstruksi yang berbeda. Untuk itu pemakaian sebuah besi beton bergantung pada jenis bangunan dan kebutuhan bangunan tersebut.

Sebuah besi beton sebenarnya sangat tepat untuk berbagai kebutuhan industri namun pada umumnya besi beton yang ada akan digunakan sebagai pondasi untuk bangunan-bangunan yang memiliki beban cukup berat. Besi beton ulir akan sangat tepat digunakan sebagai tulangan proyek-proyek besar dengan ukuran 12 mm dan 14 mm.

Besi beton polos banyak digunakan untuk pembangunan rumah tinggal. Persediaan dan permintaannya juga sangat banyak di pasaran. Semakin besar dimensi penampang beton, maka semakin besar pula ukuran yang ada di besi beton.

Agar terhindar dari besi abal-abal, Anda bisa memerhatikan beberapa cara di bawah ini.

1. Besi beton SNI

Besi beton berstandar SNI jadi faktor mutlak yang harus dipenuhi sebagai besi berkualitas. Sebuah besi beton tidak secara gampang mendapatkan label SNI, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Standar Nasional Indonesia misalnya seperti ukuran normal, diameter dalam, sirip melintang serta beberapa hal lain yang harus dipatuhi oleh pabrik pembuatan besi beton.

Melihat banyakna kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan standar SNI tersebut maka tidak heran jika banyak besi beton yang sudah memiliki label tersebut juga memiliki kualitas yang baik.

2. Tidak berkarat

Sebuah besi baru yang akan digunakan untuk kebutuhan konstruksi harusnya tidak berkarat. Korosi yang ada bisa jadi menunjukkan bahwa besi tersebut sudah lama dan tidak terjaga dengan baik. Menggunakan besi yang berkarat dalam sebuah pembangunan bisa sangat berbahaya karena besi sudah berkurang kualitas dan kekuatannya.

3. Sesuaikan pemakaian jenis dan ukuran dengan kebutuhan

Kebutuhan setiap konstruksi tentunya berbeda-beda. Tapi ada pula pengembang atau beberapa orang yang memilih besi beton tanpa mempertimbangkan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan yang ada. Hal ini bisa merusak kondisi bangunan ke depannya karena besi yang digunakan tidak sesuai. Untuk itu penting untuk memperhatikan kebutuhan konstruksi Anda sebelum pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan jenis besi beton ulir atau polos.

Keunggulan

Besi beton memiliki beberapa keunggulan. Hal ini yang menjadikan sebuah besi beton pasti digunakan untuk proyek besar terutama gedung bertingkat. Setidaknya besi beton memiliki beberapa keunggulan misalnya seperti ketahanan yang tinggi terhadap api, air sehingga sangat cocok untuk digunakan pada konstruksi yang memiliki kandungan air banyak sekalipun.

Struktur beton bertulang sangat kuat dan kokoh sehingga biaya perawatan yang ada sangat minim. Dalam beberapa kasus, besi beton bahkan bisa bertahan dalam waktu yang sangat panjang. Sebuah pembangunan jembatan bahkan juga menggunakan besi beton sebagai tiang tumpuan jembatan.

Tidak hanya itu, harga besi beton juga lebih ekonomis untuk sebuah pembuatan pondasi gedung-gedung bertingkat. Para pekerja bangunan pun bisa dengan mudah mengerti bagaimana cara memasang dan menggunakan besi beton untuk membuat sebuah tulangan. Oleh karena itu sebuah besi beton sangat sering digunakan untuk sebuah pembangunan gedung-gedung bertingkat karena keunggulan-keunggulan yang ada.

Harga besi beton terkini

Sama seperti jenis besi lainnya, sebuah besi beton juga dipengaruhi oleh banyak hal. Sebuah ukuran, berat, ketebalan, kuantitas, dan lokasi pembelian bisa sangat menentukan harga besi beton. Setiap tempat pun juga memiiki harga yang cukup berbeda. Sebelum mengulas lebih jauh soal harga besi beton, jenis besi ini rupanya digolongkan ke dalam beberapa kelas baja yang memiliki warna berbeda.

Misalnya BjPT 24 dengan warna hitam, BjPT 30 dan BjTS 30 dengan warna biru, lalu BjTS 35 dengan warna merah, BjTS 40 bewarna kuning, dan BjTS 50 bewarna hijau. Setiap merek besi beton haruslah mencantumkan warna yang ada diujung besi sebagai penanda yang sesuai kode tersebut.

Sebuah besi beton polos memiliki ukuran misalnya seperti yang ada di bawah ini

  • 6 mm – 12 m
  • 8 mm – 12 m
  • 9 mm – 12 m
  • 10 mm – 12 m
  • 12 mm – 12 m
  • 13 mm – 12 m
  • 16 mm – 12 m
  • 19 mm – 12 m
  • 22 mm – 12 m
  • 25 mm – 12 m
  • 28 mm – 12 m
  • 32 mm – 12 m
  • 36 mm – 12 m

Ukuran tersebut memiliki berat besi yang berbeda. sedangkan untuk besi beton ulir memiliki ukuran seperti di bawah ini.

  • D 10 mm – 12 m
  • D 13 mm – 12 m
  • D 16 mm – 12 m
  • D 19 mm – 12 m
  • D 22 mm – 12 m
  • D 25 mm – 12 m
  • D 29 mm – 12 m
  • D 32 mm – 12 m

Jika dibuat dalam sebuah rangkuman, bisa dikatakan jika harga besi beton ulir misalnya, dihargai mulai dari Rp. 65.000 hingga Rp.150.000. Sedangkan untuk besi beton polos harganya bisa lebih murah kira-kira sekitar Rp.40.000.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat