Harga Baja Ringan Beserta Keunggulannya

Baja Ringan

Harga baja ringan yang ekonomis membuat penggunaan baja ringan sangat mendominasi banyak pembuatan rangka atap pada sebuah rumah maupun bangunan lainnya. Dibanding kayu, sebuah baja ringan saat ini memang menjadi hal yang dipilih oleh banyak orang karena beberapa keuntungan yang didapat dari penggunaan baja ringan ini. Dalam artikel ini kami akan merangkum hal-hal yang perlu Anda ketahui soal baja ringan, mulai dari jenis baja ringan, ciri baja ringan berkualitas, dan harga baja ringan.

Jenis baja ringan

Baja ringan terbuat dari bahan coil yang memiliki sifat sangat ringan. Dibanding baja konvensional, dan kayu, sebuah baja ringan memiliki berat yang sangat ringan. Lapisan anti karat yang ada pada baja ringan memberikan kualitas yang sangat baik untuk digunakan di berbagai konstruksi. Beban yang ringan tersebut bisa mengurangi beban bangunan saat terjadi guncangan sehingga sangat tepat untuk digunakan di wilayah Indonesia yang rawan gempa.

Setidaknya ada dua jenis baja ringan yang terdapat di pasaran. Ketiga jenis baja ringan ini memiliki perbedaan dan konstruksi menggunakannya sesuai kebutuhan yang harus dipenuhi.

1. Baja ringan reng

Baja ringan reng adalah jenis baja ringan yang cukup populer, terdiri dari berbagai macam ukuran, sebuah baja ringan reng memiliki bentuk yang sangat mudah dikenali yaitu trapesium. Penggunaannya sering digunakan untuk dudukan atap atau mengikat kuda-kuda baja sehingga lebih kuat dalam pembuatan rangka atap bangunan.

2. Baja ringan truss

Dengan bahan plat baja yang memiliki gaya tarik tinggi, truss merupakan profil C baja ringan yang memiliki ukuran ketebalan yang sangat bervariasi. Bentuknya yang konsisten dan tidak perlu pengelasan membuat jenis baja ringan truss sangat sederhana dan mudah untuk digunakan.

Ciri baja ringan berkualitas

Berbicara mengenai kualitas jadi hal yang sangat penting karena bisa jadi menyangkut ke keamanan dan faktor lain yang bersinggungan dengan keselamatan. Pada dasarnya kualitas baja ringan bisa dilihat dari nilai tegangan tarikan. Untuk lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.

1. Elastisitas

Baja ringan yang baik dan berkualitas sejatinya adalah baja ringan yang tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu lentur. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan di awal sebelum melakukan pembelian baja ringan. Untuk mengukur tingkat elastisitas tersebut, Anda bisa dengan mudah mengeceknya dengan coba membengkokkannya dengan tangan.

2. Ketebalan

Sisi ketebalan juga bisa memengaruhi baja ringan yang berkualitas dan tidak berkualitas. Ketebalan baja ringan sangat berpengaruh terhadap kekuatan baja untuk menopang beban yang ada. Ukuran ketebalan baja sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi.

3. Bergaransi

Produk bergaransi hal yang perlu Anda perhatikan karena jika produk baja ringan yang Anda terima rupanya tidak berkualitas, maka Anda bisa melakukan klaim dengan menunjukkan garansi. Pastikan pula baja ringan yang ada sudah memiliki label SNI karena label ini jadi standar tersendiri yang perlu ada di setiap produk baja ringan.

Harga baja ringan

Baja ringan memiliki harga yang terbilang lebih murah dibanding dengan jenis baja konvensional maupun kayu. Setiap profil baja ringan sebenarnya bisa saja memiliki perbedaan harga. Untuk jenis truss dan reng saja bisa memiliki perbedaan harga yang cukup siginifikan. Agar lebih memudahkan Anda untuk mempersiapkan baja ringan yang tepat, berikut kami rangkum rata-rata harga baja ringan terkini.

Baja ringan bisa dijual dalam bentuk batangan maupun meteran, hal tersebut bergantung ke penjual yang memiliki ketentuan tersendiri. Sebuah harga baja ringan juga dipengaruhi oleh ketebalan dan ukuran yang ada, misalnya sebuah baja ringan truss profil C dengan ukuran 0.60 x 6 m dihargai mulai dari Rp.64.000. Lain halnya jika ukurannya 0.70 x 6 m harganya bisa Rp.71.000. Untuk ukuran 1 x 6m harganya bisa mulai dari Rp.116.000. Semakin tebal maka semakin mahal, hal lain yang perlu diperhatikan adalah material atap yang akan digunakan. Jika menggunakan material atap tanah liat, beton, dan keramik, maka sebaiknya menggunakan baja ringan yang ketebalannya di atas 0,60 m.

Selanjutnya adalah baja ringan reng yang memiliki harga berbeda dengan baja ringan truss. Baja ringan reng harganya lebih cenderung dipengaruhi oleh tinggi trapesium, semakin tinggi trapesium yang ada maka semakin mahal pula harganya. Untuk ukuran 28mm x 6mm, harga baja ringan reng mulai dari Rp.27.000. Sedangkan untuk ukuran 31mm x 6 mm harganya mulai dari Rp.34.000. Hingga 40 mm x 6 mm dengan harga kira-kira Rp.58.000.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat